google.com, pub-0824692621451989, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Jenis jenis kelinci populer

Jenis jenis kelinci ternyata sangat banyak sekali, banyak diantara dari kita yang memanfaatkan kelinci sebagai binatang peliharaan kesayangan, bentuknya yang lucu dengan bulu-bulu halus yang indah menambah pesona kelinci untuk segera dimiliki.
Kelinci merupakan salah satu hewan mamalia (menyusui) dari jenis Leporidae yang banyak kita jumpai hampir diseluruh bagian bumi, Secara umum jenis jenis kelinci terbagi menjadi dua bagian yaitu jenis kelinci peliharaan. Sedangkan dilihat dari jenis bulunya kelinci terdiri dari beberapa jenis seperti jenis berbulu pendek dan panjang dengan warna yang agak berbeda-beda agak kekuning-kuningan, dan akan berubah warna menjadi kelabu pada saat musim dingin datang.
Menurut rasnya jenis jenis kelinci terbagi menjadi beberapa jenis yaitu :
  1. Jenis kelinci Angora
      jenis kelinci angoraJenis kelinci angora memiliki bulu yang panjang. Khusus untuk didaerah Indonesia jenis kelinci angora banyak diminati sebagai kelinci hias. Sebenarnya jenis kelinci angora memiliki warna putih, namun banyak dari peternak kelinci mengawin silangkan jenis kelinci angora dengan jenis jenis kelinci yang lainnya sehingga ia memiliki warna bulu yang berbeda mulai dari coklat tua dan muda. Berat kelinci angora sekitar 2,7 kg dan biasanya jumlah anak dalam sekali melahirkan 6-8 ekor.
  2. Jenis kelinci Lyon
      jenis kelinco lyonSesuai dengan namanya kelinci lyon karena bentuk kepalanya mirip dengan singa, saat masih kecil jenis kelinci lyon sangat mirip dengan kelinci angora, namun saat sudah dewasa maka akan terlihat sekali perbedaannya dengan kepala dan leher bulunya yang panjang. Jenis warna bulu kelinci lyon sangat banyak mulai dari putih, abu-abu dan juga hitam, berat kelinci lyon saat dewasa mencapai 4-5 kg.
  3. Jenis kelinci English spot
      jenis kelinci english spotJenis kelinci English spot merupakan jenis kelinci perpaduan dari kelinci flamish giant, english lop, patagonian, angora, ducth, silver dan himalayan, dengan warna bulunya putih dengan variasi warna lainya seperti coklak dan hitam
  4. Jenis kelinci Dutch
      jenis kelinci dutchJenis kelinci Dutch merupakan jenis kelinci yang berasal dari daerah negeri kincir angin, perpaduan warna bulunya hitam, putih, coklat dan abu-abu inilah yang disebut tricolored dutch atau kembang telon, jenis kelinci dutch memiliki ciri khas lingkaran putih dilehernya, seperti kalung, sedangkan beratnya saat dewasa mencapai 1,5 - 2 kg, kombinasi warnanya yang unik dan menarik inilah yang menyebabkan jenis kelinci dutch menjadi jenis kelinci yang paling banyak diminati oleh pencinta kelinci.
  5. Jenis kelinci Himalayan
      jenis kelinci himalayanJenis kelinci himalayan merupakan salah satu jenis kelinci kecil bobot beratnya saat dewasa hanya sekitar 1 kg dan sangat agresif, jenis kelinci himalayan memiliki ciri khas dengan warna hitam pada ujung lingganya dan warna gelap pada bagian ujung kaki dan hidungnya.
Demikianlah beberapa jenis jenis kelinci populer yang banyak dicari oleh pencinta kelinci.