google.com, pub-0824692621451989, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Jenis-jenis hama Rambutan

jenis jenis hama rambutanDalam usaha berkebun rambutan kita akan selalu dihadapkan dengan yang namanya hama. Jenis hama tanaman rambutan sangat banyak jenisnya. Ganguan itu merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi jumlah dan mutu produksi rambutan.
Jenis hama tanaman rambutan biasanya adalah serangga kehidupan serangga dipengaruhi faktor lingkungan biotik dan abiotik. Biotik adalah persediaan makanan, musuh alami, sedangkan abiotik adlah suhu udara, kelembaban udara, curah hujan dan cahaya matahari.
Serangga mayoritas yang sering menyerang pohon rambutan adalah semut, kutu, dan kepik, ulat pengerek buah, ulat pengerak batang, ulat pemakan daun, ulat jengkal dan beberapa hama tanaman lainnya. dan beberapa jenis hama tanaman yang sering menyerang tanaman rambutan.
  1. Ulat penggerak buah rambutan
      Ulat penggerak buah atau Dichocricic punctiferalis merupakan penggerek terpenting pada rambutan. Jenis ulat ini berwarna merah kecoklat-coklatan dan biasanya menyerang buah yang masih muda maupun yang sudah masak, buah yang terserang jenis hama ini akan mengalami kering dan berwarna hitam.
  2. Ulat pengerek batang
      Ulat Pengerek batang atau Indrabella sp biasanya menyerang batang rambutan dengan membuat lubang-lubang yang menempel pada kulit batang. Pengerek ini memakan kulit kayu dan mampu membuat lubang sepanjang 30 cm.
  3. Ulat pemakan daun
      Ulat daun atau ulat keket (Ploneta diducta), jenis hama ini umumnya menyerang rambutan pada musim kemarau, serangan jenis hama keket biasanya membuat gundul seluruh batang rambutan, karena daunnya habis dimakan ulat
  4. Ulat Jengkal
      Ulat jengkal Berta chrysolineata memakan daun rambutan yang masih muda, ciri-cira daun yang terserang hama ulat jengkal bagian pinggir kering, keritang, berwarna coklat kekuning-kuningan. Ulat yang berwarna coklat kekuning-kuningan dan menyerupai tangkai daun kering, ramping, dan beruas-ruas, dan biasanya berkepompong diantara daun-daun yang sudah tua dan direkatkan.
  5. Kutu putih
      Kutu putih Pseudococcus sp, termasuk jenis hama yang mempunya reproduksi yang sangat tinggi, berkembang biak dengan sangat cepat, kutu putih dapat menurunkan aktivitas fotositesis tanaman secara keseluruhan, kerugian bagi tanaman rambutan yang terserang jenis hama kutu putih adalah kualitas buah secara keseluruhan menjadi rendah.
Dengan mengetahui tentang jenis hama tanaman rambutan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan kita dalam membudayakan tanaman rambutan, karena bila kita tidak mengerti tentang jenis hama, bagai mana kita bisa memberantas jenis hama yang menyerang tanaman rambutan kita.