Teknik menghafal cepat

teknik menghafal cepatTeknik menghafal cepat - Mempunya daya ingat yang tinggi dan mampu menyerap apa yang diterima dengan cepat tentu menjadi idaman bagi setiap orang, baik itu anak-anak, orang tua ataupun para remaja. Menurut Tony Buzen, kapasitas memori otak adalah 10 pangkat 800. dan jika digunakan untuk menghafal seluruh atom yang ada diseluruh dunia ini maka akan masih banyak lagi bersisa kapasitasnya. Pertanyaan yang sering timbul adalah otak kita yang mempunyai kapasitas yang sedemikian besar, mengapa sering lupa? atau kadang-kadang ingin menghapal sesuatu demikian sulit. Sebelum kita mulai pembahasannya lebih lanjut sebaiknya kita harus dapat membedakan antara menghafal dengan daya ingat. Menghafal adalah proses penyimpanan data kememori otak, sedangkan daya ingat adalah kemampuan mengingat kembali data-data yang telah tersimpan dimemori, apabila diperlukan. Sebagian besar dari kita memiliki dalam persoalan pada daya ingat bukan menghafal. Dari definisi diatas dapat kita simpulkan bahwa bila kita tidak mampu kejadian yang sudah lewat bukan karena kita tidak mampu menghafal tetapi kita tidak mampu mengingatnya. Pada pembahasan kali ini kita akan mencoba mendiskusikan tentang teknik menghafal cepat sekaligus mengingkatkan daya ingat. dan selanjutnya kita tidak akan membedakan istilah menghafal dengan daya ingat kecuali jika diperlukan.
Teknik menghafal cepat telah banyak diterapkan di Indonesia, Amerika dan negara lainnya. Misal kita ambil contoh Micheal yang telah berhasil menghafal buku telpon kota San Fransisco. Dan lagi Angga salah seorang siswa SD yang ada di Indonesia yang mampu menghafal 100 orang tokoh terkemuka di Dunia dengan urutan tanpa tertukar sama sekali. Kita pun akan mampu untuk mengikuti jejak mereka apa bila kita mengetahui cara menghafal cepat yang kreatif dan efektif anda juga dapat membaca pembahasan kami sebelumnya tentang cara belajar yang efektif. Yang kita perlukan adalah komitmen dan berlatih berlatih dan berlatih, seperti ada istilah yang sudah lama "sesuatu akan menjadi mudah karena kita biasa melakukannya". adapun tekniknya adalah sebagai berikut :
  1. Indra. Ini kelihatannya sederhana, namun keterampilan yang perlu kita pelajari hanyalah memperhatikan. Karena kita akan sulit mengingat sesuatu apabila kita tidak memperhatikan dari awal. Jadi saat ada sesuatu yang penting sebaiknya kita lihat dan perhatikan dengan seksama
  2. Intens. Untuk membuat kesan kita dapat diingat Intenskanlah mereka, absurd, seksual, penuh warna, berlebih-lebihan dan imajinatif.
  3. Lain sendiri. Gunakan kwalitas yang berbeda, dan kita mudah untuk menerapkannya
  4. Emosional. Kesan yang bermuatan cinta, bahagia, sedih mudah untuk diingat. ini akan membantu memori pada pandangan kita.
  5. Pengulangan. Kebanyakan kita belajar dengan membaca berulang-ulang. Beberapa informasi menempel dengan waktu singkat, dan cukup bagi kita untuk lulus ujian atau memberikan persentasi, namun kita melupakan begitu saja saat-saat itu semua sudah berlalu. Cara efektif untuk melakukan teknik pengulangan adalah konsentrasi secara penuh pada materi yang sedang dipelajari dan mengulangnya dengan cara yang berbeda dan kreatif, misalnya dengan cara mengulangnya keras-keras atau membuat peta pikiaran.
  6. Pertama dan terakhir. Biasanya kita akan mudah untuk mengingat yang pertama dan terakhir, misalnya nama temen baru, kita sering mengingat yang pertama dan terakhir karena hal yang pertama dan terakhir itu unik. oleh sebab itu lah supaya kita mudah untuk menghafal gunakanlah cara-cara yang unik dan membuat perasaan kita nyaman.
Demikianlah pembahasan kita pada kesempatan kali ini tentang teknik menghafal cepat, semoga dengan pemahasan yang singkat dan sederhana ini kita mampu untuk menerapkan dalam kehidupan kita, dan kita menjadi orang yang cerdas karena mampu menghafal dengan cepat dan tidak mudah lupa.