google.com, pub-0824692621451989, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Tips memilih buku yang baik

Bagi sahabat yang suka mengkoleksi buku, atau hoby membaca tentu memiliki buku yang banyak bagus dan berkwalitas tentu menjadi idamanan bagi kita, jadi alangkah sebaiknya sebelum sahabat membeli buku membaca tips memilih buku yang baik berikut ini :
  1. Tentukan tema
  2. Bila sahabat ingin membeli buku sebaiknya sahabat tentukan tema buku yang akan sahabat beli, misalnya buku tentang agama Islam terus temanya tentang aqidah, fiqih, Qur’an, hadist dan lain sebagainnya, jadi dengan mengetahui dengan jelas tema buku yang ingin kita cari makan buku yang akan kita beli akan lebih bagus dan tertarget, dan kita tidak akan terjebak untuk membeli buku-buku yang sudah kita beli dengan tema yang sama.
  3. Belilah buku yang bergizi
  4. Tips yang kedua ini kedengarannya aneh namun begitulan kenyataannya bukan hanya tubuh saja yang membutuhkan gizi namun rohani juga membutuhkan gizi, pilihlah buku yang bergizi, mempunyai manfaat yang bagus bagi kita, mempunyai gagasan-gagasan yang cemerlang, yang mampu memberikan kita motivasi untuk mengerjakan sesuatu dan membuat kita lebih bersemangat untuk melakukan perubahan untuk menjadi lebih baik.
  5. Kenali pengarangnya
  6. Ini adalah salah satu hal yang sangat penting sebelum kita membeli buku, karena bila kita salah dapat berakibat fatal, sebaiknya sebelum kita membeli buku kenali pengarangnya karena akan mempengaruhi kwalitas tulisan dan muatan ilmu pengetahuan yang terkandung didalamnya, sebaiknya kita dapat benar-benar mengetahui mana pengarang yang berkwalitas dan tidak. Pengarang yang berkwalitas adalah pengarang yang menguasai dibidang ilmu pengetahuan yang dibahas dalam tulisannya.
  7. Perhatikan penerbitnya
  8. Penerbit yang sudah berpengalaman tentu akan memberikan gagasan atau ide yang cemerlang kepada penulis atau pengarang, maksudnya bukan hanya isi tulisannya saja namun desain dan tampilan bukunya juga diperhatikan.
  9. Informasi yang cukup
  10. Sebaiknya sebelum anda membeli suatu buku usahakan anda mendapatkan informasi yang cukup tentang buku tersebut, salah satunya mengenai isi, pengarang harga dan kwalitasnya, informasi ini dapat anda tanyakan kepada penerbit buku tersebut.
  11. Katalog buku
  12. Ini akan menjadi lebih baik bila kita memiliki koleksi katalog buku dari beberapa penerbit, jadi disaat anda menginginkan suatu buku dengan tema tertentu anda dapat mencarinya dari katalog buku yang anda koleksi.
  13. Kwalitas buku
  14. Kwalitas buku sebaiknya menjadi perhatian kita saat membeli buku yang kita inginkan, misalnya dari segi cetakannya apakan ada yang terbalik, atau tintanya tidak jelas, halaman yang melompat-lompat, juga perhatikan kwalitas bending atau pengelemannya, buku yang bagus adalah buku yang dilem dengan lem khusus sehingga buku tersebut tidak mudah lepas penjilidnya, selain itu perlu juga kita perhatikan desain buku (secara fisik) yang enak dipandang, teks tulisan dan bahasanya mudah dipahami.
  15. Sering ketoko buku
  16. Usahakanlah untuk sering ketoko buku, sahabat akan jadi lebih banyak tau tentang tema-tema buku, jenis jenis buku, pengarang buku yang terkenal, best seller, sehingga saat sahabat ingin membeli buku sahabat akan mudah karena akan langsung ingat.
  17. Kunjungi pameran buku
  18. Dewasa ini kita sudah sering mendengar tentang pameran buku yang diadakan, baik yang diadakan oleh IKAPI atau yang lainnya, biasanya saat pameran akan diadakan potongan harga oleh penerbil atau distributor bisa mencapai 20 – 50%, selain sahabat dapat potongan harga, kita juga akan mendapatkan katalog, brosur, new letter dari penerbit serta kita akan mendapatkan informasi penting yang lainnya seputar dunia penerbitan buku.
  19. Bacalah buku
  20. Dan ini yang terakhir dari segalannya, agar buku yang kita beli memberikan manfaat bacalah buku yang sudah kita beli, buku yang kita beli bukan hanya menjadi tumpukan atau pajangan saja tampa pernah dibacanya, dan buku tersebut dapat kita jadikan referensi tulisan yang kita buat disaat kita menulis, bila suatu saat kita ingin menjadi penulis.
Demikianlah beberapa tips membeli buku yang baik, semoga dengan menjalankan tips ini, kita akan mendapatkan buku yang berkwalitas dan memberikan pengetahuan yang tinggi bagi kita, karena seperti kata pepatah “buku adalah guru yang paling baik”. Semoga bermanfaat