google.com, pub-0824692621451989, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Faktor yang berperan dalam fotosintesis

Dalam Fotosinstesis ada beberapa hal yang mempengaruhi perkembangannya, diantaranya adalah Cahaya matahari, klorofil, karbon diokasida, air dan suhu.
  • Cahaya Matahari
  • Cahaya matahari adalah fator yang paling utama bagi berlangsungnya fotosintesis. Cahaya matahari merupakan energi memecah molekul air (fotolisis) menjadi H† Menjadi O. Cahaya matahari terdiri atas partikel foton yang memiliki energi yang disebut kuantum. Jumlah energi yang dapat diserap oleh tumbuhan dipengaruhi oleh intensitas penyinaran, panjang gelombang cahaya, dan lama penyinaran
  • Klorofil
  • Cahaya Matahari diserap oleh klorofil. Klorofil bersifat fluoresensi, yaitu dapat menerima cahaya matahari dan mengembalikannya dalam gelombang yang berlainan. Untuk jenis tumbuhan tingkat tinggi daunnya mengandung dua macam Klorofil, yaitu klorofil a dan klorofil b
  • Karbon Dioksida (CO²)
  • Karbon Diokasida sangat dibutuhkan dalam proses fotosintesis. Karbon Dioksida diperoleh oleh tumbuhan dari udara bebas. Karbon Dioksida akan masuk kejaringan tiang dan jaringan bunga karang. Banyak dan sedikitnya jumlah karbon dioksida berpengaruh terhadap kecepatan fotosintesis. Peningkatan karbon dioksida dapat mempercepat jalannya fotosintesis. Jika karbon dioksida rendah, fotosintesis tetap dapat berjalan, akat tetapi akan menjadi lambat, Jadi dapat kita katakan bahwa cepat lambatnya fotosintesis sangat dipengaruhi oleh banyak sedikitnya karbon dioksida. Jumlah karbon dioksida yang dibutuhkan dalam proses fotosintesis sama dengan jumlah oksigen yang bebas.
  • Air
  • Air yang digunakan oleh tumbuhan untuk fotosintesis berasal dari dalam tanah yang diangkut oleh xilem dari akar kemudian didistribusikan kebagian-bagian tumbuhan khususnya daun. Air berfungsi sebagai penyumbang atom hidrogen (H†). Karbon dioksida diserap oleh daun melalui stomata. Jika terdapat cukup air, maka stomata akan terus terbuka. Jika kekurangan air, maka stoma akan menutup sehingga akan menghambat pengikat karbon dioksida.
  • Suhu
  • Suhu merupakan faktor yang penting, dalam berlangsungnya proses fotosintesis karena tampa adanya suhun yang sesuai, fotosintesis tidak akan berlangsung. Puncak kegiatan fotosintesis terjadi saat banyaknya cahaya matahari dan tingginya suhu. Suhu sangat berperan pada kinerja enzime dalam fotosintesis. Untuk didaerah Tropis, umumnya tumbuhan tidak dapat melakukan fotosintesis jika suhu kurang dari 5°C. Meskipun cukup terhadap cahaya Matahari dan Karbon dioksida, kegiatan fotosintesis akan tetap terhambat jika suhunya tetap rendah.
Inilah beberapa hal yang mempengaruhi cepat atau lambatnya dalam proses fotosintesis dalam tumbuhan