Bagian bagian bunga

Pada dasarnya setiap bunga memiliki bagian yang sama, terdiri atas beberapa bagian, yaitu perhiasan bunga dan alat perkembangbiakan (alat kelamin)
Alat perhiasan bunga terdiri dari dua bagian, yaitu mahkota dan kelopak bunga, pada umumnya mahkota bunga berbentuk lembaran berwarna mencolok sehingga menarik serangga untuk melakukan penyerbukan. Letak mahkota bunga berada di lingkaran dalam mengelilingi benang sari dan putik. Mahkota bunga juga dapat melindungi benang sari dan putik.
Secara umum, kelompok bunga berwarna hijau dan terletak dilingkaran luar mengelilingi mahkota bunga, kelopak bunga berfungsi melindungi bagian dalam bunga pada saat masih kuncup. Alat kelamin bunga terdiri atas alat kelamin betina berupa putik dan alat kelamin jantan berubapa benang sari.
Putik terdiri atas kepala putik (stigma), tangkai putik (stilus) dan bakal buah (ovarium). Dibagian paling dasar terdapat bakal buah. Didalam bakal buah terdapat biji (ovul) yang memiliki jumlah lebih dari satu. Didalam bakal biji tersebut terdapat kandungan lembaga yang berisi beberapa inti sel, salah satunya adalah sel telur. Pembuahan antara sel telur dan sel kelamin jantan dapat menghasilkan zigot yang akan berkembang menjadi individu baru.
Benang sari terdiri atas dua bagian, yaitu kepala sari (antera) dan tangkai sari (filamen). Kepala sari terdiri atas serbuk sari dan kotak sari. Didalam serbuk sari terdapat inti sel kelamin jantan. Pada umumnya benang sari terdapat ditengah bunga dan mengelilingi putik.
jenis jenis bunga
Bagian bagian bunga
Sumber gambar : http://moelangbotjahesdhe.blogspot.com/2011/08/bagian-bagian-bunga-sempurna.html
Berdasarkan kelengkapan bagian-bagiannya, bunga terbagi menjadi dua yaitu bunga lengkap dan bunga tak lengkap. Bunga lengkap adalah bunga yang memiliki perhiasan bunga dan alat perkembangbiakan. Contohnya bunga kembang sepatu, bunga melati, bunga kacang dan bunga tembakau, jika tidak memiliki salah satu dari bagian tersebut itu disebut bunga tak lengkap contohnya bunga salak dan bunga kelapa.
Berdasarkan kelengkapan alat kelaminnya, bunga dapat dibagi menjadi dua, yaitu bunga sempurna dan bunga tidak sempurna, bunga sempurna (hermafrodit) adalah bunga yang memiliki dua alat kelamin, yaitu benang sari dan putik. Contohnya bunga kacang tanah dan bunga jambu. Jika bunga hanya memiliki salah satu alat kelamin maka disebut bunga tidak sempurna, bunga tidak sempurna dibagi menjadi dua, yaitu bunga jantan dan bunga betina, bunga yang hanya memiliki benang sari disebut bunga jantan, sedangkan bunga yang hanya memiliki putik disebut bunga betina.
Seperti yang telah dibahas diatas bunga merupakan bagian tumbuhan yang sangat penting, selain sebagai hiasan karena menghasilkan keindahan, bunga juga berfungsi sebagai alat perkembang biakan yang dapat meneruskan generasi suatu jenis tumbuhan.