google.com, pub-0824692621451989, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Manfaat membaca

manfaat membacaMembaca kita mungkin sudah sering mendengar kalimat belajar membaca, atau mari kita membaca, namun taukah kita bahwa banyak manfaat yang kita dapatkan bila kita sering membaca, karena membaca adalah sarangnya ilmu, dalam agama Islam hal yang paling utamapun yaitu membaca itu menurut Surah Al-qur'an yang pertama kali diturunkan.
Berikut ini adalah manfaat yang akan kita dapatkan bila kita sering membaca, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Membaca dapat mengusir perasaan was-was, kecemasan dan kesedihan
  2. Membaca dapat menghindarkan seseorang dari hal-hal yang bathil
  3. Membaca dapat menjauhkan kemungkinan seseorang untuk berhubungan dengan orang-orang yang menganggur dan tidak memiliki aktivitas
  4. Membaca dapat melatih lidah untuk berbicara dengan baik menjauhi kesalahan ucapan dan menghiasai dari balaqoh dan fashahah
  5. Membaca dapat mengembangkan akal mencerahkan pikiran dan membersihkan hati nurani
  6. Membaca dapat meningkatkan ilmu pengetahuan dan mengembangkan daya ingat serta pemahaman
  7. Dengan membaca kita dapat mengambil pelajaran dari pengalaman orang lain, kebijaksanaan kalangan bijak bertari dan pemahaman ulama.
  8. Mendatangkan kemampuan seseorang untuk mencari dan mematangkan proses pengetahuan, untuk mempelajari bidang-bidang pengetahuan yang berbeda dan penerapannya dalam dunia nyata.
  9. Menambah keimanan khususnya ketika membaca buku-buku karangan muslim, sebab buku buku merupakan pemberi nasehat kepada kebaikan yang paling bijaksana.
  10. Membaca dapat membantu pikiran agar lebih tenang, membuat hati lebih terarah dan memanfaatkan waktu agar tidak terbuang sia-sia.
  11. Membaca dapat membantu memahami proses terjadinya kata secara lebih detail, proses pembentukan kalimat untuk menangkap konsep dan untuk memahami apa yang berada dibalik tulisan.
Demikianlah beberapa manfaat membaca yang akan kita dapatkan hanya apa bila kita sering membaca, baik itu buku yang bersifat umumu maupun yang bersifat religius, semoga kita semua senantiasa senang untuk membaca.